Kamis, 28 Juli 2016

Lebih Tahu Tentang Proofer Roti

Kelebihan menggunakan proofer roti

Mesin roti murah- Kini semakin banyaknya toko-toko mesin yang menawarkan mesin-mesin untuk keperluan usaha, salah satunya mesin proofer untuk kebutuhan usaha bakery. Dengan begitu konsumen makin bingung memilih mesin yang bagus, namun cara pemilihan tepatlah yang akan membawa Anda ke proofer yang berkualitas dan berdaya tahan lama. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa proofer adalah alat yang berguna untuk mengembangkan adonan kue atau roti sebelum dipanggang di dalam oven. Cara kerja mesin ini adalah memfermentasi roti melalui kontrol suhu udara dan kelembapan udara (relative humidity).
Memfermentasi adonan roti menggunakan cara lama, yaitu dengan menempatkan adonan ke dalam ruangan dengan rice cooker atau water heater bahkan kompor listrik, memang mungkin akan berhasil. Namun tidak jarang ada saja yang salah, entah itu hasil rotinya akan berongga, bagian rotinya ada yang over proof, bahkan kulit roti lebih keras. Kenapa begitu? Karena pada dasarnya roti akan berkembang bila pada saat proses proofing suhu rungan harus mencapai 40-50 celcius dan tingkat kelembabannya 80-90 derajat celcius. Nah, kini Anda semakin tahu kan tentang syarat proofing roti agar hasilnya sempurna? Untuk mengatasi masalah di atas maka tercipta lah proofer roti. Alat ini memiliki beberapa varian kapasitas ada yang berkapisitas 15 trays dengan satu pintu dan 30 trays dengan dua pintu. Semakin tingginya kapasitas proofer maka semakin memungkinkan Anda untuk membuat lebih banyak roti.
Anda khawatir dengan besarnya tenaga listrik yang digunakan? Tidak usaha khawatir karena mesin proofer memiliki metode kerja menggunakan uap air yang dipanaskan jadi ketika proofer sudah mencapai suhu yang sesuai proses pemanasan dengan tenaga listrik akan berhenti dengan sendirinya. Daya listriknya sendiri memerlukan kurang lebih 550 watt untuk proofer yang ukuran lebih kecil dan 2000 watt untuk proofer dengan 2 pintu. Untuk proses proofingnya sendiri diperlukan waktu sekitar 15-30 menit tergantung jenis adonannya. Waktu yang digunakan harus sangat diperhatikan karena jika proses proofing tidak sesuai dengan adonan roti maka tidak rehan jika hasil roti akan lebih bantat bahkan bisa saja jika terlalu lama terkstur roti akan lebih lembek.
Nah, jadi demi hasil roti yang sempurna Anda harus memiliki mesin roti satu ini. jika harganya cukup mahal itu wajar saja karena semakin berkembangnya teknologi hampir jarang yang menawarkan sebuah mesin, salah satunya mesin roti murah namun dengan kualitas dan fitur yang terkini.
-SUC-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar